Membangun Kedewasaan bagi Mahasiswa yang Bekerja


14 Sep 2023/gusti ayu tita p/Informasi/70 View

Kedewasaan atau kematangan adalah prinsip atau keyakinan yang mendasar, membentuk perilaku dan pola pikir seseorang. Sasaran utamanya adalah untuk berkembang dan menjadi individu yang berhasil dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan di sekitar, terutama bagi seorang mahasiswa. Kedewasaan dalam konteks kehidupan manusia mengacu pada prinsip atau standar moral yang dianut teguh oleh seseorang atau kelompok, dan dapat membentuk sikap serta perilaku mereka. Kedewasaan bisa berupa keyakinan, moral, etika, atau prinsip hidup yang menjadi pijakan dalam mengambil keputusan dan bertindak.

MENCIPTAKAN KEDEWASAAN BAGI MAHASISWA YANG BEKERJA

Membangun kedewasaan atau kematangan bagi mahasiswa sangatlah penting karena dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan dan karakter yang diperlukan untuk sukses di masa mendatang. Selain itu, kedewasaan yang diperoleh oleh mahasiswa juga dapat membantu dalam mengembangkan kemampuan untuk memperbaiki diri dan mengatasi kelemahan yang dimiliki, serta untuk menjadi individu yang lebih baik dan berkualitas tinggi. Berikut adalah beberapa aspek dari kedewasaan yang dapat dibangun oleh mahasiswa yang bekerja, di antaranya:

Kemandirian

Mahasiswa yang bekerja harus memiliki kemandirian dalam mengelola waktu dan tugas untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik. Kemandirian ini dapat membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan untuk mengelola waktu dan menyelesaikan tugas-tugas dengan efisien.

Kesadaran akan Tanggung Jawab

Mahasiswa yang bekerja harus bertanggung jawab terhadap pekerjaan mereka dan dapat memenuhi tuntutan dari atasan dan rekan kerja. Kesadaran tanggung jawab ini akan membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan memegang janji.

Kemampuan Beradaptasi

Mahasiswa yang bekerja harus dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berbeda dan memenuhi harapan dari berbagai pihak. Kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat adalah keterampilan yang sangat berharga di dunia kerja.

Kreativitas

Mahasiswa yang bekerja harus dapat berpikir secara kreatif dalam menyelesaikan tugas-tugas dan mencari solusi yang inovatif dalam mengatasi masalah. Kemampuan untuk berpikir kreatif adalah keterampilan yang sangat berharga di dunia kerja.

Ketekunan

Mahasiswa yang bekerja harus dapat bertahan dalam menghadapi tantangan dan kesulitan di tempat kerja. Ketekunan ini dapat membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan untuk tetap fokus dan mengatasi rintangan.

Kemampuan Komunikasi

Mahasiswa yang bekerja harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan atasan, rekan kerja, dan pelanggan. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik adalah keterampilan yang sangat penting di dunia kerja.

KESIMPULAN

Kedewasaan atau kematangan yang kuat sangat penting bagi mahasiswa yang harus kuliah sambil bekerja, karena mereka harus dapat mengelola waktu dan tugas dengan efisien untuk memenuhi tuntutan akademik dan pekerjaan. Membangun kedewasaan bagi mahasiswa yang bekerja dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan dan karakter yang diperlukan untuk sukses di dunia kerja. Dengan membangun kedewasaan ini, mahasiswa yang bekerja dapat meningkatkan keterampilan dan karakter mereka, serta meningkatkan peluang mereka untuk sukses di dunia kerja.