ASESMEN LAPANGAN APT STIE STUDI EKONOMI MODERN


10 Mei 2023/syawaludin subekti/Informasi/208 View

Sukoharjo– Dalam rangka peningkatan kualitas dan  mutu layanan perguruan tinggi, STIE Studi Ekonomi Modern (STIE STEKOM) melaksanakan akreditasi perguruan tinggi. Visitasi dan asesmen lapangan ini dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan tim asesor, Prof.Dr. Andi Sularso, S.E.M.Si dari Universitas Jember dan Dr. Darwis Said, Akt dari Universitas Hasanudin Makasar, digelar Senin-Rabu, (08-10 Mei 2023) yang berlangsung di Meeting Room Lantai II Kampus STIE STEKOM Sukoharjo yang beralamat di Jl. Diponegoro No.69 Kranggan, Wirogunan Kartasura. Pembukaan visitasi dan asesmen lapangan APT  dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Kaprodi, Kepala Lembaga, Dosen, Tendik dan mahasiswa di lingkup STIE STEKOM.  Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Stakeholder, yang turut hadir  yaitu Pembina yayasan bapak Dr. Agus Wibowo, Alumni, Mitra Pengguna Alumni, perwakilan pemerintah setempat.

Dalam sambutannya Ibu Heni Susilowati, S.E.M.M selaku Ketua STIE STEKOM Sukoharjo mengucapkan selamat datang kepada Tim Asesor yang telah hadir dalam kegiatan visitasi dan asesmen lapangan APT. Beliau menuturkan bahwa Akreditasi adalah pengakuan terhadap PT yang diberikan oleh ban-pt setelah memenuhi syarat kebakuan atau kreteria tertentu. Akreditasi ini sangatlah penting sekali untuk keberlangsungan lembaga dalam menjalankan visi, misi dan tujuan strategisnya. Urgensi adanya akreditasi salah satunya sebagai indikator atau cerminan kualitas pendidikan yang dijalankan. Kedua, akreditasi juga memberikan dampak yang besar bagi lulusan yang akan terjun ke dunia kerja, karena lembaga pencari kerja secara tidak langsung akan melihat akreditasi atau mutu pendidikan lulusan dari akreditasi yang diperoleh. Kemudian akreditasi juga menciptakan iklim studi yang baik di lingkungan civitas akademika PT, akan merasa percaya diri untuk bersaing dengan lembaga lain, baik dalam lingkup nasional atau bahkan internasional. Diharapkan dengan dilaksanakan visitasi dan asesmen lapangan ini dapat memperbaiki kekurangan STIE STEKOM demi terwujudnya hasil yang maksimal, dan bisa menjadi perbaikan bagi STIE STEKOM ke depannya. Sementara itu Prof.Dr. Andi Sularso, M.Si, selaku ketua tim asesor memberikan arahan dimana menjelaskan bahwa dalam hal ini tim asesor tidak menguji atau mengintrograsi tim borang, tetapi kehadiran untuk melihat kesesuaian data antara data yang dikirim dalam borang dengan data yang tersedia di lapangan. Kemudian menyampaikan apa saja yang harus dilengkapi oleh pihak perguruan tinggi.

Selama kegiatan asesmen lapangan berlangsung lancar dan kooperatif, dan di akhir acara penyampaian berita acara ke pimpinan STIE STEKOM dan pengecekan berita acara asesmen lapangan oleh tim task force STIE STEKOM. Dilanjutkan penyampaian feed back dan penandatangan berita acara AL. (HNS)