Asesmen Lapangan Asesor LAMEMBA pada Program Studi S-1 Akuntansi STIE STEKOM


29 Jan 2024/heni susilowati, s. e. m. m/berita/109 View

Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi dan Manajemen Bisnis Akuntansi (LAMEMBA), melakukan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi Program Studi (Prodi) S1 Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Studi Ekonomi Modern (STIE STEKOM), yang berlangsung dari tanggal 24 – 26 Januari 2024. Kegiatan ini merupakan salah satu tahap penting dalam proses akreditasi program studi, yang bertujuan untuk melakukan evaluasi dan menilai secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh program studi Akuntansi dan unit pengelola program studi STIE STEKOM.

Kegiatan asesmen lapangan dilakukan tim asesor LAMEMBA yang terdiri dari Ibu Dr. Rida Perwita Sari, S.E, MAks,Ak, CA, CPA dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dan Ibu Dr. Lilis Puspitawati,SE.,M.Si.,Ak.CA.,CRP.,CSRS dari Universitas Komputer Indonesia. Dalam sambutannya, Ketua STIE STEKOM, Ibu Heni Susilowati S.E.M.M menyambut gembira Asesmen Lapangan ini. lebih jauh dijelaskan urgensi adanya akreditasi salah satunya sebagai indikator atau cerminan kualitas pendidikan yang dijalankan. Akreditasi juga memberikan dampak yang besar bagi lulusan yang akan terjun ke dunia kerja, karena lembaga pencari kerja secara tidak langsung akan melihat akreditasi atau mutu pendidikan lulusan dari akreditasi yang diperoleh. Kemudian akreditasi juga menciptakan iklim studi yang baik di lingkungan civitas akademika PT, akan merasa percaya diri untuk bersaing dengan lembaga lain.  Kami berharap dari para assesor agar bisa memberikan pembinaan, arahan dan masukan, sehingga mampu melakukan perbaikan di masa depan dan memperoleh hasil sesuai yang diharapkan.

Asesmen lapangan akreditasi LAMEMBA untuk Program Studi Akuntansi STIE STEKOM pada hari pertama dilaksanakan pada Kamis, 25 Januari 2024 dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Kaprodi, Lembagai terkait, para dosen serta  tendik. Penilaian dilakukan terhadap kriteria 1-4 yakni tentang VMTS, Tata Kelola, Tata Pamong dan Kerjasama, Mahasiswa dan Sumber Daya Manusia dilanjutkan peninjauan lapangan untuk melihat kondisi nyata sarana dan prasarana yang telah disediakan STIE STEKOM. Pada hari kedua Jumat, 26 Januari 2024  dilanjutkan dengan penilaian kriteria 5-9 dengan memverifikasi bukti-bukti pendukung tambahan yang diperlukan untuk melengkapi dalam dokumen akreditasi (Dokumen Evaluasi Diri dan Dokumen Kinerja Program Studi) tentang Keuangan dan Sarana Prasarana, Kurikululum, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Luaran yang diperoleh progdi S-1 Akuntansi STIE STEKOM.

Asesmen lapangan ditutup dengan penyampaian rekomendasi hasil  dan penandatangan berita acara asesmen lapangan. Tim asesor LAMEMBA menyampaikan kepada Program Studi S-1 Akuntansi STIE STEKOM,  bahwa hasil akhir dari asesmen lapangan ini akan dibawa ke Dewan Kehormatan Lamemba dan menjadi dasar penentuan status Program Studi Akuntansi tersebut dan dapat memberikan rekomendasi untuk perbaikan berkelanjutan. (HNS)