Kuliah di Program Studi Akuntansi, Siapa Takut?


06 Okt 2021/admin stie stekom/Informasi/935 View

Tahun ajaran baru merupakan saat yang sangat mendebarkan bagi kamu yang akan dan baru lulus SMA/ SMK. Tentunya memasuki dunia pendidikan akan selalu menjadi hal yang dinanti-nantikannya. Bagi yang penasaran dengan program studi Akuntansi, apakah kamu sudah mencari tahu tentang apa dan bagaimana kuliah di program ini? Sebelumnya, penting bagi kamu  mencari info sebanyak-banyak mengenai progdi ini, supaya kamu tidak salah pilih. Tentunya harus dipastikan bahwa progdi sesuai dengan minat dan bakatmu. Jika kamu menyukai dunia keuangan, akuntansi, pembukuan, pajak, dan semacamnya maka progdi akuntansi menjadi salah satu pilihan.

Kira-kira mata kuliah akuntansi saja ya yang akan kita pelajari? Pada semester pertama, mata kuliah yang ditawarkan terutama yang berkaitan tentang laporan keuangan. Nah, selama 4 tahun kamu akan belajar cara  membuat laporan keuangan, teori akuntansi yang mendasarinya, analisis laporan keuangan sehingga  bisa untuk menilai standar kelayakan usaha, bahkan kamu bisa memperkirakan  dan menilai prospek perusahaan kedepannya. Selain itu dari ilmu yang kamu pelajari, kamu akan bisa menilai apakah laporan keuangan  reliabel atau tidak.

Bagaimana, apakah kelihatan sulit? Tidak juga loh, bahkan bisa dikatakan peminat jurusan akuntansi ini cukup tinggi dibandingkan progdi lain di Indonesia, dan di beberapa perguruan tinggi, progdi ini menjadi pilihan favorit bagi calon mahasiswa baru. Progdi ini punya banyak daya tarik loh. So, apa sih  kelebihan dalam menempuh jurusan Akuntansi? Prospek kerja jurusan Akuntansi sangat luas! Perusahaan apapun akan bersinggungan dengan pembukuan. Buat kamu yang kuliah di progdi Akuntansi akan mempunyai kemampuan lebih di bidang akuntansi dan keuangan. Dengan kemampuan yang kamu miliki, kamu jadi berkesempatan besar untuk bekerja dalam bidang tersebut. Kamu bisa memilih untuk bekerja di start up, perusahaan bisnis, perusahaan teknologi, sektor pulik, maupun mendirikan bisnis sendiri. Profesi yang bisa kamu geluti juga bermacam-macam. Mulai dari ekonom,  akuntan, auditor, pegawai pajak,  dan masih banyak lainnya

Progdi Akuntansi sendiri merupakan jurusan dimana kamu akan dipersiapkan supaya dapat menjalani profesi akuntansi dan melakukan fungsi bisnis terkait; seperti penerapan prinsip dan teori akuntansi, akuntansi biaya, audit, analisis laporan, perpajakan dan jenis konsentrasi akuntansi lainnya. Agar kamu mampu menjalani perkuliahan Akuntansi, tentunya perlu berlatih supaya lebih teliti, kritis, dan enjoy melakukan analisis serta problem solving.

Banyak kabar terdengar bahwa  mata kuliah susah bin  ‘njelimet’ nya ya ampun... bikin mahasiswa capek berkutat dengan angka-angka sampai yang katanya susah untuk lulus! Well, apa benar? Jawabannya adalah: tergantung bagaimana kamu menjalaninya.

Selain harus melazimi angka-angka, mahasiswa akuntansi harus detail dan balance. Kamu harus bisa detail saat membukukan transaksi, dan menelusur kesalahan pembukuan. Menghitung, memisahkan, melakukan operasi matematis data keuangan, pastikan hitungannya benar agar hasilnya bisa seimbang.

 

 

Sama seperti beberapa program studi lainnya, jurusan Akuntansi punya beban SKS yang bisa kamu selesaikan tepat waktu. Lantas benarkah anggapan ‘’susah lulus’’?. Karena cepat lulus atau tidaknya tergantung pada kinerja studi yang kamu jalani. Untuk itu kamu harus pintar-pintar mengatur waktu, tahu prioritas aktivitas selama masa studi, usaha sungguh-sunguh, berdo’a sejak awal dan seterusnya,disertai tawakal. Jangan lupa sebeumnya kamu harus memastikan bahwa progdi ini sesuai dengan minat bakat kamu. Intinya, motivasi, berdo’a, usaha maksimal, dan tawakal, maka nikmati saja kuliah di progdi akuntansi,..semangat!