Mengetahui Lebih Jauh tentang THR dan Ketentuan Pemberiannya


09 Mei 2023/joseflim marcel/Informasi/208 View

Menunggu THR itu selalu terasa lama dan menegangkan karena sangat dinantikan, terutama menjelang Lebaran ketika banyak rencana belanja dan liburan yang ingin dilakukan. Namun, ada juga kekhawatiran dalam mengatur keuangan selama menunggu THR. Namun, semuanya akan terbayar ketika THR sudah masuk ke rekening.

 

Pengertian THR

Tunjangan Hari Raya  atau THR adalah hak karyawan di Indonesia yang diberikan setahun sekali menjelang hari raya Idul Fitri atau Natal. Tujuannya adalah untuk memberikan penghargaan dan motivasi kepada karyawan yang telah bekerja dengan baik selama setahun, serta membantu mereka mempersiapkan diri menyambut hari raya dengan baik.

 

Perhitungan THR

Besaran THR dihitung dari gaji pokok karyawan, ditambah dengan beberapa tunjangan lain seperti tunjangan makan, tunjangan transportasi, dan tunjangan lain-lain sesuai dengan peraturan perusahaan. Besarannya bervariasi tergantung pada perusahaan tempat karyawan bekerja dan masa kerja karyawan tersebut.

 

Karyawan yang memenuhi syarat untuk menerima THR adalah karyawan tetap atau kontrak yang sudah bekerja minimal satu tahun penuh sesuai dengan peraturan perusahaan. Karyawan yang belum bekerja selama satu tahun atau dalam masa percobaan biasanya tidak memenuhi syarat.

 

Kapan THR Cair?

THR biasanya dibayarkan sebelum hari raya Idul Fitri atau Natal, tetapi ada perusahaan yang membayar setelah hari raya. Jika dibayarkan setelah hari raya, perusahaan harus membayar bunga keterlambatan sebesar 2% per bulan dari total nilai THR yang belum dibayarkan.

 

Beberapa perusahaan mungkin tidak memberikan THR kepada karyawan mereka, yang melanggar peraturan dan dapat mengakibatkan konsekuensi hukum bagi perusahaan. Karyawan yang merasa tidak mendapatkan hak mereka dapat mengajukan tuntutan hukum.

 

Penting untuk mengelola THR dengan baik dan membuat rencana penggunaannya agar dapat digunakan secara bijak dan bermanfaat dalam jangka panjang. Terkadang, menerima uang dalam jumlah besar seperti THR dapat membuat kita menjadi kurang bijak dalam mengelola keuangan.

 

THR adalah hak penting bagi karyawan dan harus diberikan oleh perusahaan. Karyawan juga harus mengelola THR dengan bijak dan membuat rencana penggunaannya agar dapat memberikan manfaat jangka panjang. Jika perusahaan tidak memberikan THR, karyawan berhak memperjuangkan hak mereka dengan cara yang tepat.