Pemasaran VS Penjualan


04 Jan 2022/heni susilowati, s. e. m. m/berita/551 View

Istilah Pemasaran dan Penjualan sekilas merupakan dua hal yang sama dan menjadi ujung tombak perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Akan tetapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang mendasar.

Konsep Pemasaran

Pemasaran adalah sistem yang berasal dari strategi bauran pemasaran. Strategi pemasaran itu sendiri adalah sub unit dari sistem proses manajemen pemasaran. Strategi pemasaran memiliki posisi khusus dalam ilmu pemasaran, akan tetapi menjadi satu kesatuan di dalam strategi bauran pemasaran secara utuh. Langkah-langkah dalam menyusun strategi pemasaran:

  1. Ketahui pasar Anda, dengan mengetahui siapa yang ada di target pasar dapat mengetahui siapa yang harus ditargetkan. Lalu pahami target tersebut, beberapa informasi yang dapat dikumpulkan adalah usia, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, kebiasaan membeli, permasalahan yang dihadapi, minat, dan lainnya.

2. Market positioning, mengacu pada proses pembentukan citra atau identitas merek atau produk sehingga konsumen melihatnya dengan cara tertentu. Apa yang Anda tawarkan, dan mengapa bisnis Anda menjadi pilihan terbaik?

3. Menjaga kolaborasi tim pemasaran dan penjualan, tim marketing menjalankan kampanye, bagian sales juga harus mengetahui hal tersebut. Karena beberapa prospek mungkin akan menghubungi setelah melihat campaign yang sedang berjalan. Sebaliknya, bagian sales juga harus memberi tahu tim marketing ketika berkomunikasi dengan prospek. Mereka tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil, sehingga dapat menjadi pembelajaran dalam membuat kampanye yang lebih menarik bagi audiens. Pertukaran informasi yang kuat antar tim akan membantu Anda memasarkan lebih baik dan menjual lebih banyak.

4. Memanfaatkan bauran promosi, yang terdiri dari promosi: Periklanan, Hubungan masyarakat, Surat langsung, Pemasaran jarak jauh (telemarketing), Seluruh aktivitas promosi tersebut bertujuan untuk membangun saluran distribusi dan juga menemukan pelanggan.

Penjualan

Penjualan adalah apapun yang  kita lakukan untuk menjual dan  mendapatkan perjanjian yang  ditandatangani atau kontrak. Aspek penjualan berfokus pada bagaimana strategi penjualan barang tersebut. Penjualan bisa dikatakan suatu kegiatan personel yang menggunakan  salesman /salesgirl dalam menjalankan efek langsung dari pekerjaan marketer.

Aspek Penjualan

1. Penjualan membutuhkan proses, Penjualan tidak tercipta begitu saja. Ada sebuah proses bagaimana produk Anda bisa sampai di depan pelanggan. Oleh karena itu, dalam penjualan Anda harus membangun sebuah saluran yang sanggup mempertemukan produk Anda dengan pelanggan.

2. Penjualan tergantung banyaknya pelanggan Anda, penjualan di atas kertas adalah sebuah angka. Angka di sini adalah angka seberapa banyak jumlah pelanggan yang Anda miliki. Semakin banyak pelanggan Anda, maka penjualan Anda juga makin banyak. Begitu juga sebaliknya.

3. Komunikasi yang baik adalah kunci sukses penjualan, Untuk menciptakan pelanggan yang loyal, Anda perlu memiliki sebuah ikatan emosi dengan pelanggan Anda. Oleh karena itu dibutuhkan komunikasi yang baik ketika berinteraksi dengan pelanggan Anda. Komunikasi juga merupakan sebuah kunci bagaimana pelanggan mau mendengar penawaran Anda.

Kesimpulan

Pemasaran dan penjualan tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling melengkapi dan tanpa ada salah satu di antaranya tidak akan ada yang membeli produk Anda. Itulah kenapa dalam sebuah organisasi perusahaan, umumnya bagian pemasaran dan penjualan menjadi satu bagian. Baik pemasaran dan penjualan memiliki peran pentingnya masing-masing. satu dari bagian promosi, sehingga tidak memperhatikan faktor lain yang menunjang pemasaran. (HNS)