Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Universitas Stekom Gelar Webinar Internasional Mengenai Public Speaking


27 Jul 2022/lia handayani/berita/51 View

Kalian sudah pasti tidak asing dengan public speaking, akan tetapi ada juga orang yang belum mengetahuinya. Jadi apasih public speaking itu? Public speaking merupakan kegiatan berbicara didepan umum atau didepan banyak orang dengan gaya bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Public speaking juga bisa dikatakan sebuah keterampilan yang sangat mudah dipelajari setiap orang. Oleh karena itu setiap orang sangat penting untuk memiliki keterampilan ini. Karena kemampuan ini tidak hanya penting didunia kerja akan tetapi sangat berguna dalam segala aspek yang berkaitan dengan kepemimpinan.


Berbicara didepam umum / public speaking tidak hanya disebut sebagai pembicaraan didepan banyak orang, tetapi public speaking juga ialah pembicaraan atau percakapan antara satu orang dengan orang lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa public speaking adalah cara untuk berkomunikasi dengan jelas kepada audiens anda.


Hal ini terungkap pada Rabu (23/3/2022) dalam Webinar Internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Stekom. PTIC, Stie Stekom, Autonomous University, dan Aala-Too International University dengan judul "The Importance Of Public Speaking For Businessman".


Dalam webinar tersebut telah di tuturkan oleh Wibi Ardi Alvianto S.Pd.,M.pd selaku Dosen dari jurusan Design Grafis Universitas Stekom bahwa 75% orang dewasa takut untuk berbicara didepan umum, itu tandanya kamu jangan merasa bahwa hanya kamu satu-satunya orang yang kesulitan dalam melakukannya. Mengapa hal yang bisa dikatakan mudah menjadi sulit? Jawabannya adalah karena gugup. Gugup adalah gejala utama pada seseorang ketika akan mempresentasikan sesuatu atau menyuarakan pendapatnya didepan banyak orang. 


Perasaan gugup ini akan terus muncul apabila kamu tidak mau mencobanya, padahal public speaking akan sangat penting bagi kamu apalagi ketika kamu menjalankan bisnis, dan cara agar bisnis kamu bisa berjalan lancar adalah ketika kamu mampu berkomunikasi secara baik kepada orang lain, dan disanalah kamu akan mempunyai peluang yang sangat besar.

Lalu bagaimana caranya agar bisa menarik audiens? Caranya ialah kamu bisa bercerita semenarik mungkin dimana saat kamu berbicara audiens hanya akan berfokus dan memusatkan pendengaran nya pada apa kamu sampaikan.