Perbanyak Skil Demi Hadapi Dunia Kerja


09 Jan 2024/paulina kinanti eka praningtyas/berita/135 View

   Hai Semuanya, Perkenalkan namaku Saiti Qotimah jurusan D3-Teknik Komputer cabang  Siliwangi namun saat ini aku telah menjadi Alumni dari Universitas STEKOM dan  keseharianku yaitu mencari info lowongan pekerjaan. Pada kesempatan kali ini aku akan  menceritakan sebuah pengalaman atau mungkin sebuah keresahan yang mungkin bisa  menjadikan motivasi untuk Mahasiswa atau Mahasiswi lainnya. Oke, kita langsung masuk ke  ceritanya saja ya.


    Bisa dibilang aku baru lulus kemaren yaitu tanggal 2 Desember 2023, namun lumayan  kesulitan dalam mencari pekerjaan hal ini dikarenakan skill ku belum cukup untuk apply ke  lowongan perkerjaan yang tersedia. Apalagi kualifikasi dari suatu lowongan pekerjaan yang  tersedia sangatlah tidak masuk akal, contohnya : tinggi badan pria minimal 170 cm sedangkan  untuk Perempuan 165 cm atau ada juga menuntut calon pekerja harus menguasai beberapa  Bahasa Pemrograman untuk Mahasiswa jurusan IT dan minimal pengalaman 3 tahun misalnya  dan lain sebagainya, maka hal inilah yang menjadi latar belakang pengangguran banyak terjadi  di Indonesia.

    Bahkan persepsi orang ketika akan berkuliah adalah harapan setelah lulus akan mendapatkan  pekerjaan bagus dengan gaji minimal 3 - 5 juta, namun mereka melupakan hal yang terpenting  yaitu skill dan pengalaman yang menjadi tolak ukur kita bisa mendapatkan pekerjaan yang  bagus atau tidak ke depannya.

   Pada saat awal - awal semester awal bisa dibilang aku masih belum terlalu memikirkan akan  menjadi apa kedepannya, karena yang kupikirkan saat itu hanyalah "yang penting jalanin dulu",  dan yah semester awal berjalan seperti biasa layaknya kuliah pada umumnya namun yang  berbeda adalah pembelajaran dilaksanakan secara daring karena kebetulan saat itu awal - awal  covid - 19 mulai merajalela.

     Lanjut setelah itu masuk ke semester 2 sampe 3 mulai lebih banyak praktek untuk membuat  sebuah aplikasi daripada teori jadi bisa dibilang 2 semester ini 50 : 50 (50% teori 50% praktek).  Di semester ini lumayan berkesan karena aku mulai mengenal yang namanya blogger.com, jadi platform ini adalah sebuah website gratis yang bisa digunakan untuk membuat sebuah blog di  internet dan hampir mirip dengan wordpress, namun lebih mudah blogger daripada wordpress.

    Dari blogger lah aku mulai tertarik untuk mengedit - ngedit sebuah website dan blogger ini  juga aku gunakan untuk menyimpan materi pembelajaran selama aku berkuliah. Selain itu  tujuan lainnya yaitu agar bisa berbagi ilmu kepada orang lain sehingga bisa sama - sama belajar.

    Lanjut ke semester 4 sampai 5 bisa dibilang semester ini adalah semester paling sibuk karena  di semester 4 aku mengikuti program pemerintah yang disebut Kampus Mengajar sehingga kita  ditempatkan disekolah - sekolah yang sesuai domisili kita. Untuk semester 5 karena sudah  direcognizi sehingga tinggal menunggu nilai saja.

    Lanjut disemester 6 disini merupakan semester terakhir aku berkuliah karena untuk D3 hanya  sampe 3 tahun saja sehingga mata kuliah akhir hanya magang dan mengerjakan tugas akhir  saja. Disini karena magang sudah dikonversi di kampus mengajar sehingga cukup membuat  laporan magang saja. Untuk Tugas akhir disini aku membuat "Sistem Keamanan CCTV  berbasis Microcontroller ESP32CAM menggunakan Passive Infrared Receiver dengan  Aplikasi Telegram" dan yah alhamdulillah tugas akhir ini bisa selesai tepat waktu yaitu bulan  agustus kemarin dan bulan september sidang kemudian bulan desember wisuda.

    Di sela - sela aku mengerjakan Tugas Akhir terkadang ada masanya aku bosen atau terkadang  bingung yang akan dilakukan selanjutnya apa sehingga terkadang aku pun bermain game untuk  menjernihkan pikiran. Disini aku sembari bermain game aku iseng mengupload video game  tersebut di youtube short (fitur youtube terbaru) dan tidak diedit serta terkesan seadanya. Tetapi  alangkah kagetnya saat itu karena video pertama bisa tembus 1000 views dalam waktu 1 jam  penayangan sehingga mulai dari situlah aku menjadi rutin upload video short di youtube setiap  hari rabu dan minggu jam 14.00 selama seminggu. Dan alhamdulillah walaupun masih sedikit  subscribernya namun setidaknya aku bisa menghibur orang lain melalui video - video ku dan  terkadang juga umpan balik dari viewers membuat ku menjadi lebih berkembang dan percaya  diri.

    Walaupun sudah mencoba berbagai hal seperti diatas terkadang ada kalanya aku merasa tidak  percaya diri dengan kemampuanku sendiri, apalagi didukung dengan kualifikasi perekrutan  pekerja yang selangit sehingga menjadikan nyaliku tambah menciut. 

     Pembelajaran dari cerita ini adalah kita tidak boleh terlalu terpaku pada pembelajaran yang ada  dikampus saja, tetapi cobalah untuk mencari berbagai pengalaman lain dan mempelajari skill - skill baru walaupun tidak relate dengan jurusan kita, tetapi siapa tahu justru berguna untuk  kita ke depannya. Untuk Magang, usahakan kita Magang di perusahaan yang sesuai dengan  jurusan kita agar kita bisa menambahkannya dalam daftar pengalaman kerja di CV kita  nantinya. Untuk Mahasiswa atau Mahasiswi yang saat ini sedang mengerjakan Skripsi atau  Tugas Akhir atau bahkan masih Semester awal, usahakan sebelum lulus kalian sudah memiliki  pengalaman dan skill yang dibutuhkan oleh perusahaan sehingga hal ini bisa menjadikan kalian  bernilai dan layak diperhitungkan. Usahakan juga kalian sudah memahami apa yang menjadi  minat dan bakat kalian di awal - awal semester agar kalian bisa lebih fokus mempelajari skill  yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan lebih tepat sasaran.