Praktik Kewirausahaan Untuk Menumbuhkan Niat Berwirausaha Mahasiswa


16 Des 2022/heni susilowati, s. e. m. m/berita/447 View

Pada hari Selasa, 13 Desember 2022, mahasiswa STIE Studi Ekonomi Modern melakukan Praktik Kewirausahaan di kampus. Praktik kewirausahan ini merupakan kegiatan pameran produk hasil usaha yang telah dibuat oleh mahasiswa jurusan Manajemen STIE Studi Ekonomi Modern selanjutnya dipasarkan secara online melalui media sosial dibawah bimbingan dosen pengampu Heni Susilowati, S.E.M.M yang bertujuan untuk mengasah jiwa entreprenurship pada diri mahasiswa dari jurusan Manajeman.

Ibu Heni menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari materi perkuliahan kewirausahaan yang diikuti oleh para mahasiswa. Dengan berakhirnya materi pengantar  kewirausahaan yang didapatkan di ruang kelas, mahasiswa juga diminta untuk praktik bagaimana membuat kerangka bisnis model canvas, membuat produk sesuai ide masing-masing hingga memasarkannya ke konsumen. Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk aplikasi ilmu pemasaran dan ilmu manajemen keuangan.  Karena berwirausaha itu tidak hanya menghasilkan produk saja, tetapi terdapat ilmu yang wajib dikuasai dan dipraktikkan sebutnya.

Agenda kegiatan berikutnya sebagai penutup mata kuliah pengantar kewirausahaan mahasiswa diminta ikut andil dalam kegiatan Car Free Day (CFD) untuk melatih mental mahasiswa dalam berwirausaha.
Ibu Heni berharap kedepannya walaupun semester ini mata kuliah pengantar kewirausahaan telah usai, semangat mahasiswa berwirausaha tetap tumbuh. Mereka dituntut untuk berlatih bertanggung jawab, mulai berkembang sikap percaya diri untuk berhadapan dengan orang banyak, tumbuh keinginan untuk melakukan hal baru yang dapat bermanfaat. (HNS