STIE STEKOM Raih Pendanaan Program Penelitian Tahun Anggaran 2024


03 Jun 2024/lia handayani/berita/163 View

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Studi Ekonomi Modern (STIE STEKOM) kembali menunjukkan prestasi membanggakan. Dua dosen berbakat dari institusi ini berhasil meraih pendanaan untuk program penelitian tahun anggaran 2024. Penghargaan ini diberikan berdasarkan Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan nomor 0459/E5/PG.02.00/2024 yang diterbitkan pada 30 Mei 2024.

Program pendanaan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong penelitian dan inovasi di lingkungan perguruan tinggi. Berikut adalah dosen-dosen penerima pendanaan beserta judul penelitian mereka:

Pemilia Sulistyowati, S.Sos, MM

Judul Penelitian: Menguji Peran Mediasi Job Satisfaction: Pengaruh Organizational Culture dan Communication Terhadap Employee Engagement di Perusahaan Manufaktur

Penelitian yang dilakukan oleh Pemilia Sulistyowati ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana budaya organisasi dan komunikasi dalam perusahaan manufaktur dapat mempengaruhi keterlibatan karyawan. Penelitian ini juga akan meneliti peran kepuasan kerja sebagai mediator. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat ditemukan strategi efektif untuk meningkatkan engagement karyawan, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan di sektor manufaktur.

Risma Nurhapsari SE, M.Ak

Judul Penelitian: Peran Sikap Pengguna dari Adopsi System E-Tax dan Etika Uang Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Niat Perilaku Wajib Pajak

Penelitian oleh Risma Nurhapsari ini berfokus pada bagaimana adopsi sistem E-Tax dan etika uang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak di Indonesia. Penelitian ini akan mengeksplorasi sikap pengguna terhadap sistem E-Tax dan bagaimana hal tersebut, bersama dengan etika dalam penggunaan uang, dapat meningkatkan niat perilaku untuk mematuhi kewajiban pajak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi pemerintah dalam upaya meningkatkan kepatuhan pajak melalui pendekatan yang lebih holistik dan berorientasi pada pengguna.



Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) mengucapkan terima kasih kepada semua pengusul yang telah berpartisipasi dalam program ini dan memberikan ucapan selamat kepada para penerima pendanaan. DRTPM berharap bahwa penelitian-penelitian yang didanai ini dapat memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta membawa manfaat nyata bagi masyarakat.

Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Pemilia Sulistyowati dan Risma Nurhapsari, tetapi juga bagi seluruh civitas akademika STIE STEKOM. Dengan adanya pendanaan ini, diharapkan penelitian yang dilakukan dapat meningkatkan kualitas akademis dan memberikan solusi praktis bagi tantangan-tantangan di sektor industri dan perpajakan.

Pendanaan ini juga menjadi dorongan bagi dosen dan mahasiswa lainnya di STIE STEKOM untuk terus berinovasi dan melakukan penelitian yang berkualitas. Hal ini sejalan dengan visi STIE STEKOM untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan keberhasilan ini, STIE STEKOM berkomitmen untuk terus mendukung para penelitinya dengan menyediakan fasilitas dan lingkungan yang kondusif bagi penelitian. Selain itu, STIE STEKOM juga akan terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, industri, dan lembaga penelitian lainnya, guna memperluas cakupan dan dampak penelitian yang dilakukan.

Semoga dengan adanya pendanaan ini, hasil-hasil penelitian yang dihasilkan dapat membawa dampak positif yang luas, baik bagi dunia akademis maupun praktis, serta berkontribusi dalam memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat secara umum.