Teknologi Informasi dalam Proses Audit Laporan Keuangan


28 Jul 2022/lia handayani/berita/57 View

Saat melakukan audit, auditor harus mengembangkan tidak hanya keterampilan konseptual dari teknik audit yang digunakan hingga saat ini, tetapi juga kemampuan untuk menerapkan teknik ini. Di era teknologi yang semakin maju saat ini, komputer memegang peranan penting dalam proses audit. Saat ini, sebagian besar operasi akuntansi dilakukan oleh komputer, sehingga pengolahan data audit juga harus terkomputerisasi untuk memudahkan analisis auditor. 

Para auditor, baik auditor internal maupun eksternal, dapat menggunakan perangkat teknologi informasi (TI) sebagai bagian dari prosedur audit mereka untuk memproses data, terutama perangkat yang terkait dengan sistem informasi yang diaudit. Pemahaman auditor tentang teknologi informasi dan pengendalian terkait membantu memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang sistem informasi yang terkait dengan laporan keuangan dan kendalanya.

Atas dasar fenomena dan tantangan tersebut Progdi D4 Komputerisasi Akuntansi Universitas Sains dan Teknologi Koputer (Universitas Stekom) bekerja sama dengan Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, STIE STEKOM, Politeknik Pratama dan Toploker.com menyelenggrakan Webinar online dengan tema Teknologi Informasi dalam Proses Audit Laporan Keuangan pada (23/11/2021).

Prof. Dr. Soegeng Sotedjo menuturkan bahwa  Auditor didalam melakukan audit itu menggunakan standar auditing, yaitu ketentuan dan pedoman utama yang harus diterapkan oleh akuntan publik dalam melaksanakan audit laporan keuangan yang terdiri dari standar umum (general standard), standar pekerjaan lapangan (Standard of fieldwork) dan standar pelaporan (standard of reporting).

Kemudian Dr. Yanuar E. Restianto,S.E.,M.Acc. mengungkapan bahwa Internet of Things akan sering terjadi didalam dunia audit karna IOT ini tidak hanya akan menghubungkan orang dengan orang tetapi juga orang dengan device, device dengan device , mereka bisa saling komunikasi, saling menganalisis data-data dari banyak sumber kemudian menghasilkan informasi dan ini akan terjadi didunia audit kedepan.